
Profil Pendidik Muda Berprestasi: VIQHI ASWIE, S.T., M.T. - Mengintegrasikan Keilmuan Teknik dan Literasi Sains dalam Dunia Madrasah
MAN1Si - Kota Sukabumi (30 September 2025) - Dalam lanskap pendidikan madrasah yang terus berkembang, hadir sosok muda inspiratif yang tak hanya aktif sebagai pendidik, tetapi juga sebagai peneliti, inovator, dan pembimbing siswa-siswi berprestasi tingkat nasional. Ia adalah Viqhi Aswie, S.T., M.T., guru kimia dan penggiat literasi sains yang saat ini bertugas di MAN 1 Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Viqhi Aswie, S.T., M.T. merupakan salah seorang tenaga pendidik di MAN 1 Kota Sukabumi yang mengampu mata pelajaran Kimia. Lahir di Pekanbaru pada tanggal 8 Januari 1994, beliau dikenal sebagai guru muda berprestasi yang aktif dalam dunia akademik, riset, dan pengembangan profesional guru. Sebagai lulusan S-1 dan S-2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di bidang Teknik Kimia, Viqhi menunjukkan komitmen tinggi dalam mengintegrasikan keilmuan teknik ke dalam pendidikan madrasah yang berbasis sains, teknologi, dan nilai keislaman. Dengan bekal skor TOEFL ITP 513, ia juga terbuka pada kolaborasi dan inovasi global dalam dunia pendidikan. Dalam kiprahnya, Viqhi tidak hanya berkontribusi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai penulis ilmiah, pembimbing siswa berprestasi, instruktur nasional, dan kontributor dalam pengembangan literasi sains dan karakter siswa madrasah.
Viqhi aktif mengikuti berbagai pelatihan dan pengembangan diri, baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional. Beberapa pelatihan penting yang diikutinya antara lain: Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) – BDK Bandung (2021); BIMTEK dan Lokakarya AKMI Tingkat Provinsi – Direktorat Jenderal Pendis (2021–2023); Teacher Training – STEM Education Festival – ITS Surabaya dan U.S. Consulate (2022) dan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, Anti Perundungan, dan Literasi Sains, (Total lebih dari 300 jam pelatihan profesional).
Viqhi dikenal luas sebagai guru yang aktif dalam dunia akademik dan kompetisi ilmiah. Prestasinya antara lain: Medali Emas – International Research Teacher Competition (2022); Juara 2 – Lomba Karya Tulis Ilmiah HAB Kemenag RI ke-77 (2023); Top 6 Finalist – Policy Brief Competition oleh RDI Global (2023) dan Selected Paper – Annual Conference of Education Faculty, UIII (2024).
Dedikasinya dalam pengembangan profesional guru juga diwujudkan melalui berbagai peran sebagai instruktur: Instruktur Nasional AKMI (2021–2024); Mentor KTI PIMNAS Bootcamp bersama DITMAWA Telkom University; Instruktur Literasi Sains Nasional – Direktorat Jenderal Pendis; Visitasi AKMI ke Madrasah di Kalimantan Tengah.
Salah satu peran krusial Viqhi adalah membimbing siswa-siswi MAN 1 Kota Sukabumi dalam ajang kompetisi ilmiah. Prestasi siswa asuhannya antara lain: Juara 1 KTI Nasional Chemistry Fun Days – Universitas Padjadjaran (2021 & 2022); Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan – ITS Surabaya (2021); Juara 1 KTI Nasional Dies Natalis IT PLN (2022); Medali Perunggu MYRES – Kemenag RI (Ternate, 2024); Juara 1 AMPIBI XVII – Universitas Muhammadiyah Sukabumi (2024) - (Lebih dari 10 prestasi tingkat nasional diraih siswa di bawah bimbingannya).
Hingga tahun 2024, Viqhi telah menerbitkan 13 artikel ilmiah di jurnal nasional dan internasional bereputasi. Beberapa publikasi utamanya meliputi: Scopus Q3: Microwave-assisted Pyrolysis for Biofuel Production, MES Surfactant from Waste Cooking Oil, Virtual Reality in Science Education; SINTA 3–5: Integrasi Karakter Religius dalam Pembelajaran Kimia, Implementasi VR untuk Pembelajaran Sains, Kearifan Lokal Sunda dan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, ia juga terlibat sebagai: Reviewer jurnal: JENTRE, Tatar Pasundan; Penulis instrumen AKGTK – Kementerian Agama RI; Penyusun soal AKMI (2023)
Dengan komitmen pada keunggulan akademik, riset terapan, dan dedikasi membina generasi muda madrasah, Viqhi Aswie, S.T., M.T. menjadi representasi guru masa depan: adaptif, reflektif, berprestasi, dan berintegritas tinggi. Keaktifannya dalam berbagai forum ilmiah dan kontribusinya dalam transformasi pembelajaran sains dan karakter di madrasah menegaskan bahwa pendidikan di lingkungan Kementerian Agama telah melahirkan guru-guru luar biasa yang siap bersaing di level global. humas - dhamba